IRAN TAK TERBUKTI

Ketua IAEA : Tak Ada Bukti Iran Membuat Senjata Nuklir

 

Hidayatullah.com— Ketua badan pengawas nuklir PBB, Mohamed ElBaradei, mengemukakan, Ahad, dia tidak memiliki bukti bahwa Iran sedang aktif membuat bom nuklir. 

“Saya belum mendapat informasi apapun bahwa saat ini berlangsung program senjata nuklir yang aktif secara konkret,” kata direktur Badan Energi Atom Internasional (IAEA) tersebut kepada CNN. Dia mengingatkan bahwa ancaman AS itu seperti “menyiram bensin ke api”.

“Meskipun jika Iran akan membuat senjata nuklir…setidak-tidaknya mereka masih butuh beberapa tahun lagi untuk memiliki senjata seperti itu,” katanya, mengutip penilaian dari para pejabat AS sendiri, yang dilansir AFP.

“Pada tahap sekarang kita perlu meneruskan usaha lewat diplomasi yang kreatif…karena saya tidak melihat adanya solusi lain kecuali diplomasi dan inspeksi,” kata ElBaradei.

Gedung Putih, Jumat, menolak adanya kesamaan antara pernyataan mereka terhadap Iran dengan persiapan saat akan menyerbu Iraq.

“Kami sepenuh hati ikut proses diplomatik,” kata juru bicara Gedung Putih, Tony Fratto kepada para wartawan, namun mengatakan bahwa mengesampingkan pengerahan militer adalah sesuatu yang “kurang bijaksana”.

Dalam bulan-bulan terakhir, Bush telah meramal tentang “holocaust (bencana besar) nuklir” dan “Perang Dunia III”, jika Iran memiliki senjata nuklir. Wapres Dick Cheney menyebut “konsekuensi berat” bagi Iran jika menolak tuntutan global untuk membekukan program nuklir mereka.

ElBaradei mengemukakan jika AS memiliki informasi lebih banyak dibanding IAEA mengenai program nuklir Iran, dirinya “akan sangat senang menerima dan menindaklanjutinya.”

Dia mengemukakan “kami saat ini belum dapat memberi izin (program nuklir) kepada Iran karena masih banyak tanda tanya.”

“Tapi apakah kami telah melihat bahwa Iran memiliki bahan nuklir yang akan siap dijadikan senjata? Tidak. Apakah kami melihat program persenjataan yagn aktif? tidak,” katanya.

“Perang kata-kata” tidak akan menyelesaikan masalah nuklir Iran, kata ElBaradei, lalu menyebut perundingan yang masih berlangsung dengan Korea Utara sebagai contoh untuk menangani kasus Iran.

Dia mengingatkan bahwa pengunaan militer dapat memicu “lautan api” global. [ant/http://hidayatullah.com Senin, 29 Oktober 2007 /)

Comment

Isu nuklir Iran hanyalah arogansi kekuasaan AS yang tidak menginginkan adanya kekuatan negeri Islam yang maju seperti Iran. Kalau nuklir memang tidak baik untuk manusia, kenapa AS memiliki bahkan mengembangkannya ? Kenapa hanya nuklir Iran yang dipersoalkan , bagaimana dengan nuklir Israel ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: